Saturday 7 July 2007

Canggihnya Robot Transformers

Sam "Spike" Witwicky (Shia LaBeouf), anak SMA yang cupu abis, enggak pernah membayangkan kalau kakeknya telah menjadi penemu terbesar abad ini, yaitu dengan menemukan bangkai robot alien raksasa Megatron di Kutub Utara.

Robot Megatron ini sedang dalam misi hendak menghancurkan Bumi. Sam yang cupu banget enggak sadar kalau niatnya ngejual kacamata kakeknya lewat situs eBay bikin robot-robot temannya Megatron mencarinya karena di kacamata itulah ada peta posisi Megatron. Untungnya, ada Autobots yang membela umat manusia.

Maka, pertempuran pun enggak bisa dihindari. Robot-robot jahat berdatangan ke Bumi untuk membantu membangkitkan Megatron yang selama ini beku. Sementara itu, Bumblebee yang tampil dalam bentuk mobil Camaro juga segera manggil teman-temannya, para Autobots yang dipimpin oleh Optimus Prime.

Adegan-adegannya seru banget. Bayangin aja, semua Autobots itu selalu menyamar jadi mobil. Mereka baru bertransformasi jadi robot saat diperlukan. Paling asyik pas adegan mereka bertransformasi dari mobil jadi robot atau sebaliknya. Mobilnya keren-keren lho. Optimus jadi truk, Autobot Jazz jadi Pontiac Solstice GXP, Ratchet jadi Hummer H2, Ironhide jadi GMC Topkick seri 4500.

Lawan mereka, Megatron, juga canggih soalnya dia selalu berubah dari pesawat yang bergerak cepat jadi robot raksasa. Teman-temannya, Strascream jadi pesawat jet F22 Raptor yang sebenarnya masih dalam tahap uji terbang dalam dunia nyata. Enggak heran, waktu syuting dengan prototipe-nya, Dephan AS mastiin kalau enggak ada telepon genggam atau alat perekam boleh nyala selain kamera buat film.

Ada beberapa hal yang loe perlu tahu tentang film "Transformer" yang di AS baru bisa dilihat tanggal 4 Juli ini. Setelah ngetop tahun 80-an akhir sebagai animasi, baru 20 tahun kemudian teknologi bisa bikin versi filmnya.

1. Setiap gambar yang menggunakan CGI (computer generated image) dalam film ini di-render, perlu 38 jam. Bandingin dengan film "Toy Story" (1995) yang rata-rata butuh 2-3 jam. Padahal, jelas komputer zaman sekarang kan lebih cepat.

2. Pembuatan film ini didukung penuh Departemen Pertahanan AS. Mereka ngasih pinjam helikopter-pesawat CV-22, pesawat F-117, sampai C-130 yang merupakan pesawat kargo.

3. Gara-gara banyak banget fans berat "Transformer" yang suka dengan suara Peter Cullen untuk robot Optimus Prime dalam versi-versi film ini sebelumnya, produser tetap minta dia yang jadi pengisi suara. Perhatiin deh, waktu dia bilang: "Megatron".

4. Dari puluhan robot yang pernah ada dalam seri "Transformer", yang pasti ada tuh Optimus Prime, Bumblebee serta Decepticons Megatron dan Strascream. Waktu bikin film ini, banyak juga robot-robot yang dicoba-coba buat masuk ke dalam cerita. Akan tetapi, yang tetap cuma empat robot tadi.

5. Kalau diperhatiin banget, tulisan di mobil polisi yang jadi samarannya Robot Starscream itu bukannya "melayani dan melindungi" seperti biasanya ada di mobil-mobil polisi, tetapi "menghukum dan memperbudak".

6. Walaupun banyak banget dibantu komputer, sutradara Michael Bay ngotot supaya adegan berantem antarrobotnya harus senyata mungkin. Makanya, sebagian besar dana 150 juta dollar AS dihabisin untuk bikin 15 adegan berantem di film ini.

7. Untuk bikin transformasi dari robot ke mobil atau sebaliknya, para pembuat ini menggunakan persamaan matematika. Jadi, setiap gerakan dan bagian dalam robot bisa ditemukan di mobilnya juga.

8. Hanya ada dua robot yang benar-benar dibuat untuk film ini, yaitu Autobots Frenzy dan Bumblebee. Bumblebee dibuat oleh John Frazier yang namanya sudah jadi legenda dalam dunia efek khusus. Tingginya 5,18 meter dan lebarnya 3,9 meter. Beratnya sih lumayan, sekitar 4 ton. Robot ini rencananya akan keliling dunia dalam rangka promosi film "Transformers". (EDN)

No comments: